Jumat, 11 September 2015

Sejarah Olahraga Menyelam

Pertama-tama marilah kita pelajari dulu apa arti kata dari selam itu sendiri (aje gile bahasanya). hasil copasdari wikipedia sih begini tulisannya .
Selam atau menyelam artinya bertahan di bawah air. Dalam pengertian cabang olahraga, selam dapat dikategorikan sebagai berikut:
* menyelam tanpa alat bantu pernapasan, misalnya snorkeling dan selam bebas(free diving)
* menyelam dengan alat bantu pernapasan, misalnya selam scuba dan surface supplied diving
sekarang kita bahas yang masalah snorkeling sama free diving dulu biar lebih jelas gitu maksudnya. Masih dari sumber yang sama ya itu wikipedia .
Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai ilmu pelet birahi jalan masuk udara ketika bernafas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernafas melalui snorkel. Penyelam bisa mengambil nafas dalam-dalam sebelum menyelam ke bawah air. Penyelam scuba menggunakan snorkel untuk menghemat udara di dalam tabung sewaktu berenang di permukaan air.
Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.
Selain menguasai cara bernafas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Walaupun demikian, seperti halnya selam scuba, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok.
Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang populer, terutama di resor pantai tropis dan lokasi selam scuba yang dangkal. Penyelam bisa mengamati beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, dan penyu. Selain itu, snorkeling juga dilakukan orang di danau air tawar atau sungai.
Selam-bebas (Free Diving)adalah sebuah olahraga air, dimasukan sebagai olahraga ekstrim, di mana penyelam mencoba mencapai kedalaman tanpa bantuan alat pernafasan.
Perlombaan selam bebas biasanya dibagi menjadi tiga kategori: statik, dinamik dan kedalaman.
  • Statik Apnea adalah menahan nafas dan biasanya dilaksanakan di kolam renang.
  • Dinamik Apnea adalah renang bawah air untuk kejauhan dan memiliki sub-kategori untuk perenang dengan atau tanpa sirip. Kompetisi ini biasanya dilakukan di kolam.
  • Kedalaman memiliki empat bagian:
    • Kompetisi Berat Konstan untuk renang-sendiri ke kedalaman maksimum, beban atau garis tidak diperbolehkan. Kategori ini juga dibagi menjadi untuk sirip dan tanpa sirip.
    • Kompetisi Free Immersion untuk renang-sendiri ke bawah dan ke atas sesuai garis dan untuk mencapai kedalaman maksimum
    • Kompetisi Variable Weight menggunakan “sled” pemberat untuk turun dan naik dengan menggunakan tali.
    • Kompetisi No Limits mengijinkan penyelam untuk turun dengan “sled” pemberat dan naik dengan alat pengontrol pengambangan, biasanya kantung berisi udara dengan sebuah “tether”.
Selam Scuba adalah penggunaan alat pernapasan bebas untuk berada bawah air dalam waktu lama untuk penyelaman rekreasi dan penyelaman profesional. Biasanya penyelam berenang di bawah air, namun berjalan dan penggunaan kendaraan propulsi penyelam juga dimungkinkan. Kata SCUBA merupakan sebuah akronim untuk “Self Contained Underwater Breathing Apparatus”, tetapi telah diterima sebagai kata yang menunjuk ke peralatan scuba.
Dua jenis peralatan scuba adalah “sirkuit-terbuka” Aqua-lung, dikembangkan oleh Jacques Cousteau dan “sirkuit-tertutup” Rebreather.
Jarak Pandang
Didalam dunia selam scuba (scuba diving) jarak pandang adalah satuan kejernihan air untuk kegiatan menyelam. Biasanya dinyatakan dalam satuan jarak seperti meter dan feet. Semakin jauh jarak pandang kita sewaktu menyelam, air semakin jernih semakin mudah untuk melihat objek selam, sebaliknya semakin pendek jarak pandang, maka kita akan mengalami kesulitan dalam melakukan penyelaman. Kategori jarak panjang pada saat menyelam adalah :
* baik adalah diatas 20 meter, biasanya terdapat di pulau yang jauh dari muara sungai yang besar seperti di Bunaken Propinsi Sulawesi Utara
* sedang antara 8 sampai 20 meter, biasanya terletak di pulau-pulau yang agak jauh dari muara sungai seperti di Kepulauan Seribu
* buruk kurang dari 8 meter, biasanya terdapat pada pantai-pantai yang dekat dengan muara sungai besar, seperti dipantai utara Jawa.

Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.